Selasa, 06 Januari 2009

hanum yang hilang...

Musim semi telah berganti, tetapi sepanjang musim ini yang kulihat hanya daun yang berguguran. Tak ku lihat keindahan yang kau ceritakan dulu, bahkan aku sudah lupa seperti apa indah itu...

1995 - Jogja

Kusapa kau lewat sebuah layar dengan keyboard sebagai mak comblang kita. Pertemuan kita tak lebih dari kekonyolan, kau pikir aku wanita. Kau ceritakan semua tentang dirimu, kau tanya aku tentang kewanitaan, bahkan tentang datang bulanmu yang selalu menyakitkan...dan..kujawab sekenanya...

Bisakah kau bayangkan bagaimana wajahku saat kau ceritakan itu semua? betapa malu dan merahnya wajahku...Tahukah kau betapa paniknya aku menjawab pertanyaanmu? Tahukah kau betapa hancurnya dan cemburunya aku saat kau curhat tentang pacarmu? Rasanya inggin ku maki lelaki yang telah menyia-nyiakan wanita sebaik dirimu.

Entah sudah berapa lama kau menganggap aku wanita. Bukan maksudku untuk menyembunyikan jati diriku, bukan maksudku juga untuk menipumu...Hanya saja aku teralu takut untuk mengatakan "aku Yuke, lelaki tulen bukan wanita yang selama ini kau sangka" tapi...aku teralu takut kehilangan dirimu yang marah karena aku menutupi ini darimu sekian lama.

Sampai...

Kau mengetahui jati diriku...

Kau marah dan hilang begitu saja tanpa sempat mendengar penjelasanku...Pedahal kau yang pertama kali menyapaku dengan sebutan "mbak Yuke" dan membrondongku dengan semua cerita dan keceriaanmu tanpa memberiku waktu untuk menjelaskan. Sayangnya akupun terbuai dengan semua itu hingga tak inggin melukai hatimu dengan kebenaran ini.

1999 - Banten

Kupaksakan tabunganku yang cuma segitu-segitunya untuk mencarimu. Aku jatuh cinta padamu...Tak kuizinkan kau hilang begitu saja tanpa tahu perasaanku.

Banten aku datang. Cuaca terik seperti yang kau bilang. Banyak angkot yang siap mengantarku kemana saja, tapi kemana? aku bahkan tak tahu dimana alamatmu. Hanya hasrat yang mendorongku datang.

Ku putuskan untuk berjalan kaki, bertanya kesana kemari tentangmu...

17.30 WIB - Mesjid Agung.

Ku sandarkan hatiku yang lelah karna hasrat yang besar pada sujud magrib.

"Hanum...aku datang...dimana kau..." rintihku pelan

Ku pejamkan mataku, bukan karna kantuk tapi lelah dihati...Samar ku ingat-ingat kembali apa saja yang pernah kau katakan padaku. Terhentak ku teringat, Alun-alun sempat kau katakan sebagai tempat favoritmu bila sedang sedih.

Bergegas ku berlari mencarimu, ku tanyakan berulang-ulang nama dan ciri-cirimu yang sempat kau katakan padaku di yahoo massanger pada setiap orang...sulit tapi ku yakin ada yang mengenalmu...

19.00 WIB - Alun-alun.

"Hanum? abang nih sapanya?" jawab Bapak yang tak kukenal
"eee...saya...temannya pak" jawabku
"temannya kok ore weruh?" jawabnya heran
"maaf...maksudnya?" tanyaku tak mengerti
"dudu wong kene tah?" tanyanya kembali
"aduh...anu pak saya gak bisa basa serang" jawabku binggung
"ade ini bukan orang serang ya?" ulangnya kembali
"iya pak, bukan" jawabku terburu-buru "saya teman jauhnya, dari jogja"
"oooo...pantas" jawabnya singkat "Hanum udah ga ada"
"......maksudnya?" tanyaku heran
"meninggal..."

22.00 WIB - Alun-alun.

Kudengarkan cerita sang Bapak seksama.

Rupanya Hanum sering cerita tentang keluarganya, cita-citanya, kekasihnya, aku, kesakitannya...

Setiap akhir ceritanya ia akhiri dengan kalimat "aku nggak pa-pa"

Hanumku sakit kanker 1/2 tahun yang lalu.

Hidupnya telah divonis 6 bulan. Itu adalah saat dimana aku bertemu dengannya.

Bulan ke 5 adalah saat aku kehilangannya...

Seandainya aku menyadari keanehan dari keceriaannya, dari ceritanya...seandainya aku tidak egois dan hanya memikirkan perasaanku...aku tak perlu menyakitinya dengan kebenaran jati diriku, aku akan terus menjadi Yukemu yang wanita asal kau senang...aku takkan berkata apapun. Aku akan selalu mendukungmu dengan pacarmu...aku akan selalu menjadi sahabatmu yang setia medukungmu...aku akan selalu menjadi Yukemu yang kau kenal sebagai wanita.

23.00 WIB - Makam.

Aku hanya duduk terdiam memandang peristirahatanmu yang terakhir...

"Hai..." lirihku dan tak sanggup kulanjutkan kata-kata yang dulu inggin sekali ku katakan padamu.

Malam terasa dingin bagiku

2002 - Jogja

Musim semi telah berganti, tetapi sepanjang musim ini yang kulihat hanya daun yang berguguran. Tak ku lihat keindahan yang kau ceritakan dulu, bahkan aku sudah lupa seperti apa indah itu...











9 komentar:

Friezan Gardana mengatakan...

Mmm...crita yg bagus..
I'm glad to know u..

rayearth2601 mengatakan...

masih ada sambungannya gak nih ?

Bunda Lina mengatakan...

kunjungan balik...
menarik sekali cerpennya, bikin donk part two nya, mungkin Hanum yang lain bisa hadir?...:)

Kizsee Kiseki mengatakan...

mm ..
bagus.
tapi ada yang mengganjal, memang bapak-bapak it syp ?
kok sepertiny sangat mengenal hanum yang dicari yuke ..
kan bisa saja hanum yang dikenal bapak tersebut dengan hanum yang dicari adalah orang yang berbeda ..
trus apa pernah yuke dan hanum 'kopi darat' sebelumny ?
kok dia sepertiny tahu persis ciri-ciri hanum ..

hadoo ..
mav yy ak banyak nanya, agak bingung c mbak ..

Anonim mengatakan...

duuu.. mengharukan sekali...
nice post...
salam dari http://milikika.blogspot.com yang sekarang lagi mencoba hijrah ke Wordpress :)

senja mengatakan...

friezan : im glad to know u too ;)

rayearth2601 & bunda lina : niatnya c cuma cerpen jadi langsung abis, klo dipanjangin aku suka ngaco inti ceritanya jadi ga nyambung... ;P

Kithzi : hehehe...coba baca pelan2...

mahardikadewi : muakasih mbak...

thanks to all!!!

Anonim mengatakan...

duu susah ya mesti login dulu baru bisa ngasi coment di blogspot.. padahal aq uda punya byk saHABAT BLOGGER DI SINI :(
boleh tau asal nama jemuran kering?? kebetulan sekarang lagi musim ujan.. jemuran dirumah jadi susah kering deh :D

senja mengatakan...

mahardhikadewi:hihihi...iya ya, repot juga.Waktu lagi bikin blognya waktu nunggu jemuran kering :P
wah asal kelahiran nama jemurankering sih panjang mulai dari kabur dari kerjaan gara2 ga da ide trs pengen bikin id yg keren mentok2 jadi JK (jemurankering, bukan wapres kita lho hihihi...) :P

Kizsee Kiseki mengatakan...

setelah di baca, di teliti, dan di pahami ..
hhe,
ak jadi malu.
ternyata ak ceroboh lg !
bacany asal loncat ..
bagus kok mbak ..
bagus banget !
diupdate dong blogny ..
ntar bener-bener kering lagi ..^^